Minggu, 15 Juni 2014

11




Kecambah (Tauge)

Merupakan makanan yang  paling sempurna dalam abad ini, terkenal sebagai obat panjang usia dan awet muda, ayah dari segala bahan makanan.

Kecambah mengandung antioksidan, vitamin A, B, C, E, klorofil, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, potassium, selenium, enzim antioksidan dan unsur lainnya yang dapat menetralisir racun residu kimia di dalam tubuh kita.

Kecambah dapat dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh, mengandung nutrisi yang tinggi, meningkatkan enzim yang mengubah protein  menjadi peptone, zat tepung menjadi monosakarida. Disamping itu, mineral juga dapat dicerna dan diserap dengan baik oleh tubuh.

Ada beberapa jenis biji-bijian yang dapat meningkatkan kadar vitamin C dimana persentasinya lebih besar daripada juice lemon. Kecambah aman dikonsumsi karena alamiah tanpa pestisida dan pupuk kimia lainnya. Sebagian orang menyebutnya sebagai obat untuk panjang umur dan awet muda.


Kecambah yang mengandung peptone monosakarida, enzim dan sebagainya, dapat meningkatkan energi dan vitalitas, selain memiliki nilai nutrisi yang tinggi, kecambah juga merupakan salah satu jenis sayur mayur yang murah harganya. Kecambah memegang peranan penting dalam memperbaharui ekologi alam.